Terimakasih

Minggu, 05 September 2010

Kusta Dapat Disembuhkan

Jam menunjukan pukul 20.00 malam, namun berjubelnya masyarakat dipedesaan untuk mengikuti penyuluhan atau pengarahan tentang penanggulangan penyakit menular.

Cara Penularan
Di mana gejala awal penyakit kusta, penderita tidak merasa terganggu, hanya terdapat kelainan kulit berupa bercak putih seperti panu ataupun bercak kemerah-merahan.
Lepra alias kusta merupakan penyakit yang disebabkan bakteri ‘Mycobacterium leprae’. Penyakit ini bukan disebabkan oleh kutukan atau keturunan, tetapi penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Di mana Cara penularannya melalui droplet (udara) dan kontak langsung dengan penderita. “Siapa saja bisa terkena kusta, tetapi kebanyakan dialami oleh orang-orang dengan ekonomi rendah karena tidak hidup sehat dan tidak menjaga kebersihan,” Di lihat dari sisi medis, Kusta diklasifikasikan berdasarkan banyak faktor, hal tersebut bertujuan untuk mempermudah cara penanganan dari penyakit kulit ini. Namun, pada umumnya Kusta terbagi menjadi dua, yakni kusta pausibasilar (PB) atau kusta tipe kering dan kusta multibasilar (MB) atau kusta tipe basah. Kusta Pausibasilar (PB) dengan tanda-tandanya: Bercak putih seperti panu yang mati rasa, artinya bila bercak putih tersebut disentuh dengan kapas, maka kulit tidak merasakan sentuhan tersebut, Permukaan bercak kering dan kasar, Permukaan bercak tidak berkeringat, Batas (pinggir) bercak terlihat jelas dan sering ada bintil-bintil kecil. “Kusta tipe kering ini kurang/tidak menular, namun apabila tidak segera diobati akan menyebabkan cacat,”.
Kusta Multibasilar (MB), tanda-tandanya: Bercak putih kemerahan yang tersebar satu-satu atau merata diseluruh kulit badan, Terjadi penebalan dan pembengkakan pada bercak, Pada permukaan bercak, sering tidak ada rasa bila disentuh dengan kapas, dan Pada permulaan tanda dari tipe kusta basah sering terdapat pada cuping telinga dan muka. Kusta tipe basah ini dapat menular, maka bagi yang menderita penyakit tipe kusta tipe basah ini harus berobat secara teratur sampai selesai seperti yang telah ditetapkan oleh dokter. Pengobatan PB biasanya membutuhkan waktu sekitar enam bulan, sedang MB butuh waktu 12 bulan lebih.Penularannya melalui kontak langsung dengan kulit, seperti tukar pakaian dan tempat tidur maupun melalui kontak langsung lewat udara. Selain itu, Penyakit kusta bukan penyakit keturunan, tetapi jika dalam satu keluarga terkena penyakit tersebut, besar kemungkinan keluarga tersebut ada yang terkena kusta juga.”

Pencegahan
Pencegahan cacat Kusta jauh lebih baik dan lebih ekonomis daripada penanggulangannya. Pencegahan ini harus dilakukan sedini mungkin, baik oleh petugas kesehatan maupun oleh pasien itu sendiri dan keluarganya. Upaya pencegahan dan penemuan dini seorang penyakit kusta sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan. Tetapi jika ditemukan dalam keadaan yang sudah parah, maka akan mengakibatkan pada kecacatan permanen. Keterlambatan tersebut dipicu akibat ketidaktahuan atau perasaan malu, sehingga menutup diri supaya tidak diketahui oleh orang lain. Guna memberantas dan memutuskan rantai penularan penyakit kusta, melalui dua langkah penjaringan yaitu, 

  1. Tindakan pasif, artinya di mana pasien datang ke Puskesmas dipemeriksa apakah ada tanda-tanda penyakit kusta.
  2. Tindakan aktif, artinya melalui penyuluhan langsung baik itu ke sekolah-sekolah, Posyandu maupun dalam masyarakat langsung.
Keluarga yang ada sakit kustanya jangan malu untuk berobat. Dan para tetangga yang mungkin berdekatan dengan pasien kusta, jangan takut tetapi berilah dukungan kepada mereka supaya cepat sembuh. Sebab penyakit kusta ada obatnya dan bisa disembuhkan,”

Tanda-tanda awal penyakit kusta :




Cotoh obat kusta :

1 komentar:

  1. semua ubat ni kena makan semua set ni ke? set biru hijau pink dan kuning?
    lihat ubatnya stock nya sebiji sebulan setiap warna. siap ada tablet2 extra kat atas susunannya itu..

    BalasHapus